UAS : Cheating, Do or Don't ?

Senin, 05 Januari 2009


hari pertama UAS (05-01-2009)
mata pelajaran Pendidikan Agama dan Matematika
jam pertama berjalan aman dan terkendali
jam kedua pelajaran Matematika
ini lah yang terjadi ...

apakah ada perbedaan dengan dua gambar diatas?


inilah potret buram dunia pendidikan Indonesia

tidak perlu saling menyalahkan

hanya butuh masukan guna sistem pendidikan yang lebih baik kedepan

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kedua gambar di atas memang berbeda. Pada dasarnya cheating (menipu, dalam hal ini mencontek) tidaklah etis. Namun, kenyataannya itu masih saja terjadi. Sejujurnya, saya sendiri pun pernah melakukannya, he...he...

Anonim mengatakan...

APOY Mengatakan...

Kok saya ingat sama pelajar Indonesia di Singapura yang bunuh dosennya hanya gara-gara nilainya jeblok. orang sekolahan ternyata bukan hanya bisa jadi Pejabat, tapi juga bisa jadi penjahat. saya juga belum nanya apakah anggota dewan, birokrat yang sering nilap uang rakyat juga pernah sekolah. tapi kayaknya pernah dech. buktinya mereka muring-muring, marah, kalau dituduh punya ijasah palsu. itu artinya mereka bangga jadi orang sekolahan (meski akhirnya) jadi maling.
Ah, sentimentil banget gue ya...tapi inilah sekolah. siswa di sekolah tak ubahnya buruh. kalo buruh khan hidupnya dari upah, nah, kalo siswa hidupnya dari nilai. hanya dengan patuh pada majikan, dia bisa dapat nilai tinggi. Ups...aku jadi ingat kata-kata Pramodya Ananta Toer di Novel Bumi Manusia; "Kalau hanya melakukan sesuatu demi untuk menyenangkan orang lain (misalnya, ujian matematika nyontek hanya agar dipuji-puji orang tua, pacar, guru dan dianggap pandai. kalimat dalam kurung dari saya) apa bedanya dengan pelacuran?
Pelacuran? alamak, kasar kali kau. nah ini batin saya yang ngomel-ngomel. betul juga.
nah, kembali pada mahasiswa Indonesia yang kuliah di Singapura yang bunuh dosennya itu. ia barangkali tergolong buruh yang gagal dan orang tolol yang masih percaya ijasah satu-satu pintu gerbang masa depan. Einstein aja gak perlu ijasah untuk nemukan teori relativitas kok. bahkan ia dianggap bodoh disekolahnya (bahkan dikeluarkan). masak orang sekolahan, tiba-tiba memuja-muja Einstein yang 'bodoh' itu. (teorinya dipakek lagi). Emang orang sekolahan kemana aja?
"Sibuk, Mas. nonton televisi mulu. nggak pernah mau baca buku,"

Posting Komentar